Langsung ke konten utama

#5 Resep: Rainbow Cake

Cake satu ini memang bikin penasaran banyak orang buat memakannya. Sebelumnya hanya bikin Rainbow Cupcake seperti di postingan ini. Belum ada kemauan buat bikin RC hingga suatu hari seorang Mahasiswa Kehutanan yang mengambil Kartu Praktikum menemuiku dan bilang “Mbak, gak buat Rainbow cupcake lagi?, saya mau beli untuk dibawa pulang ke Bogor liburan semester ini, Saudara minta dibawain, tapi di Malang saya tidak tau tempat belinya”. O.M.G emangnya di Bogor tidak ada yang jual RC yakkk?. Dia memang pernah merasakan Rainbow Cupcake-ku saat Ultah kemaren kubawakan buat mahasiswaku yang terlanjur tahu bahwa saat itu aku ulang tahun. Benar-benar seorang instruktur yang baik yakkk..xixixixii..and then… Rasa sosialisku saat itu muncul.. tidak ada salahnya membantu Haditya Pradana (mahasiswa kehutanan angk. 2010 UMM, red), sekalian menguji kemampuanku membuat RC.

Googling sana-sini banyak resep yang didapat malah membuatku bingung. Eh tiba-tiba kebetulan waktu liat Recent updates Blackberry Messenger ada profil picturenya Tika mommy-nya Shasya lagi majang RC dengan Shasya berdiri disampingnya, sepertinya dia lagi Ultah. Langsung aja BBM Tika, Tanya RC, minta resep, dan langsung di emailkan.

Ternyata dia pakai resep Vanilla Sponge Cake, aku modifikasi sedikit sesuai selera.
Bahan-Bahan:
3 butir telur
100 g gula pasir
1/2 sdt emulsifier SP (aku pakai emulsifier Sponge cake)
1/2 sdt vanili bubuk
1 sdt cake softener
125 g tepung terigu (aku pakai cakra kembar, 100 g), ayak.
50 g margarine (aku pakai 25 g margarin)
50 g butter (aku pakai 25 g butter)
Essence makanan berbentuk pasta dengan 6 perasa ( Ungu: Grape, Biru: Raspberry, Hijau: Melon, Kuning: nanas, Oranye: Jeruk, Merah: Strawberry). Aku buat RC dengan rasa berbeda di tiap lapisnya.. ^^

Cara membuatnya:
Panaskan oven 200 oC, alasi Loyang dengan kertas roti (aku pakai Loyang bulat d: 20cm)
Margarine dan butter dilelehkan, sisihkan
Kocok telur, gula, emulsifier, softener dan vanili bubuk hingga mengembang
Masukkan terigu yang sudah diayak
Tambahkan margarine leleh, aduk rata
Bagi adonan menjadi dua bagian
Tambahkan essence sesuai warna yang diinginkan
Tuang adonan ke dalam loyang
Oven 200 oC, selama 15 menit

Cream frostingnya, aku ambil dari situs www.countryclever.com

Note: resep diatas untuk 2 loyang, jadi untuk membuat 6 lapis cake, dilakukan 3x mixer. Diusahakan adonan di mikser sesaat sebelum dipanggang untuk menjaga adonan tetap mengembang.
Selamat mencoba.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Erha Clinic Office Peeling

Erha lagi, erha lagi...gag ada postingan lain apa?..*sigh* Aku pun juga berpikir begitu, bukan maksud untuk pamer,, ini lohh aku makin cantik berkat erha, ini lohh kulitku makin sehat berkat erha,, namun siapapun pasti setuju jika sesuatu hal yang baik tidak boleh disembunyikan, kita bisa membaginya dengan orang lain, siapa tau ada yang memang benar-benar membutuhkan informasi ini, kita pun akan mendapat pahala karena bisa membahagiakan orang lain itu. Setuju ga?,,, dan satu lagi, niat baik tidak boleh ditunda, karena kesempatan tidak bisa datang untuk kedua kalinya. Kalau bisa dilakukan sekarang, why not??... Membantu teman juga perbuatan baik, dan jika dia senang kita pun bisa bangga diri.. Seperti aku yang bisa membanggakan kulit sehatku pada teman kantor. Mereka semua bilang wajahku makin sehat, bersih, segar, merona dan inclong,, ada yang iri tapi ada juga yang penasaran..nah yang penasaran ini setelah memendam sedemikian lama rasa penasarannya, akhirnya kapan hari nanya

Erha Clinic Malang: Meet The Dermatologist

ini sebenarnya postingan yang sangat terlambat, karena belum ada waktu buat nge-post padahal banyak banget teman-teman yang minta review erha malang. langsung ke TeKaPe aja. Nulis postingan ini entah mengapa hati sangat senang, mungkin karena nulisnya sambil ngelus-ngelus pipi dengan telapak tangan, yang berasa mulus...lus..halus like babies skin heheee.. benaar banget itu karena erhaclinic dan krim-krimnya yang ciamik. seperti yang telah disinggung sebelumnya erha itu merupakan sobat lama yang paling dikangeni kehadirannya. beruntung sekali sekarang hadir di Malang. Nah ceritanya, hari Sabtu tanggal 4 Agustus kemarin maksud hati mau konsul ke dermatologistnya. aku pikir bisa langsung, eh ternyata gak. berangkat setelah pulang kerja, sampai disana tempatnya sepi, tidak ada pengunjung satu pun, hanya ada satpam, apothecary keeper dan recepcionis tnya. langsung ke recepcionist nya dan bilang mau konsul, ternyata kalau hari sabtu dokternya praktik hanya sampai pukul 13.00 aj

Erha Clinic : Next Check

Setelah nunggu obat habis, nunggu duit datang (hehehee) dan nunggu dr. Shinta balik dari Liburan keluarganya, Jumat kemarin waktunya konsultasi lagi. seperti biasa sore itu EC rame,, udah males deh denger dapet antrian no.12 dengan kata lain aku harus menunggu 11 orang selesai kontrol. *sigh*. Dari pada bete nunggu lama, dari pada mataku juling gara-gara berlembar-lembar majalah aku baca, mendingan ngadem di musholla dan sholat ashar. sekarang di EC Malang sudah lengkap dengan musholla/ pray room dan tempat wudhu nya (makin betahh T________T). sejam kemudian baru dipanggil,, seperti biasa sambutan ramah dan senyum dr. shinta memulai pembicaraan. intinya, sejauh ini wajahku enak pakai obat di resep sebelumnya, untuk menambah kecerahan kulit krim malam ditingkatkan 1 level dari CC 5 ke CC 10, yang lain tetap. sabun wajah aku masih cinta dengan ACS BP, krim pagi dan siang: AMG2, AF1, PSO, sedangkan malam: Erha 5 dan CC10, evalen gel buat komedo. waktu konsul kemarin aku senanggg