Langsung ke konten utama

#6 Resep: Pink Ombre Cake


Lagi kepingin makan roti yang empuk, manis, dan memikat mata. Bikin RC sepertinya sudah agak bosan, kali ini penasaran mau bikin ombre cake. Basically, resepnya sama dengan resep RC hanya saja kali ini menggunakan teknik yang berbeda. Jika, dulu menggunakan resep vanilla cake dengan teknik butter cake, kali ini mencoba dengan teknik sponge cake yaitu antara putih dan kuning telur dikocok terpisah.
Resepnya sendiri didapat dari bonus majalah SEDAP ed. Idul Fitri 2012, dengan beberapa modifikasi tentunya.  Aku bikin 5 lapis cake dengan Loyang ukuran 10 x 20 cm2.



Bahan-bahan: (untuk setiap Loyang jadi 1 Lapis cake)

1 butir telur (suhu kamar)
20 g gula castor
1/6 sdt garam
1/6 sdm emulsifier (SP/TBM)
¼ sdt baking powder
5 ml susu cair

15 g tepung terigu protein sedang (seperti kunci mas), diayak
5 g tepung maizena, diayak

8 g margarine (lelehkan)
8 g butter (lelehkan)
8 g white cooking chocolate (lelehkan)

Pewarna makanan pink

Cara Membuat:
A.      Kocok putih telur dengan baking powder hingga mengembang dan kaku, sisihkan
B.      Kocok kuning telur dengan gtla, garam, emulsifier, susu cair hingga mengembang
C.      Campur adonan putih telur ke adonan kuning telur, aduk pelan-pelan dengan arah seakan membuat angka 8, usahakan gelembung udara tetap ada sehingga roti akan ringan dan berpori.
D.      Masukkan campuran tepung sedikit demi sedikit diselang-seling dengan campuran mentega leleh, masukkan bergantian hingga habis.
E.       Tambahkan pewarna bergradasi dari lapis pertama hingga yang terakhir (lapis pertama ditambah 1 tetes, lapis kedua 2 tetes dst…)
F.       Oven dengan suhu 1950C selama 15 menit
G.     Keluarkan cake setelah didinginkan di dalam oven sekitar 5 menit, untuk mencegah tidak kempisnya lapisan tengah cake.
H.      Susun cake dengan isian butter cream di tiap-tiap lapis, dan tutup bagian atasnya dengan butter cream dan sprinkler.


Si adek gag mau ketinggalan, dia ikutan ngocokin adonan telurnya.. semoga dia berbakat juga di dunia
pastry. siapa tau jadi penerusnya Chef Master Marinka, aminnn..XoXo   ^_^


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Erha Clinic Office Peeling

Erha lagi, erha lagi...gag ada postingan lain apa?..*sigh* Aku pun juga berpikir begitu, bukan maksud untuk pamer,, ini lohh aku makin cantik berkat erha, ini lohh kulitku makin sehat berkat erha,, namun siapapun pasti setuju jika sesuatu hal yang baik tidak boleh disembunyikan, kita bisa membaginya dengan orang lain, siapa tau ada yang memang benar-benar membutuhkan informasi ini, kita pun akan mendapat pahala karena bisa membahagiakan orang lain itu. Setuju ga?,,, dan satu lagi, niat baik tidak boleh ditunda, karena kesempatan tidak bisa datang untuk kedua kalinya. Kalau bisa dilakukan sekarang, why not??...
Membantu teman juga perbuatan baik, dan jika dia senang kita pun bisa bangga diri.. Seperti aku yang bisa membanggakan kulit sehatku pada teman kantor. Mereka semua bilang wajahku makin sehat, bersih, segar, merona dan inclong,, ada yang iri tapi ada juga yang penasaran..nah yang penasaran ini setelah memendam sedemikian lama rasa penasarannya, akhirnya kapan hari nanya padaku pera…

Erha Clinic Malang: Meet The Dermatologist

Erha Clinic Facial Theraphy

Setiap orang mempunyai cara berbeda untuk menghilangkan stress, bisa berlibur ke luar kota untuk mencari sesuatu yang berbeda dari aktifitas sehari-hari, berbelanja, memancing, hiking, bahkan ada orang dengan menyulam atau menjahit stress nya bisa hilang. Tapi, kalau aku lebih suka relaksasi..karena di rumah tidak ada jacuzzy untuk berendam, untuk relaksasi aku ngacir ke Erha Clinic untuk melakukan facial theraphy..karena selain bikin wajah bersih dan inclong, pada saat facial ada step massage-nya nah ini tahapan  favorit aku, pijatan therapistnya erha mantapp banget, meskipun hanya hitungan menit tapi bikin otot wajah dan punggung lemass dan rileks. 
Perawatan facial ini gag rutin aku lakukan, hanya disaat kulit sudah mulai jenuh dan terlihat kusam baru aku ke erha, idealnya sih memang harus dilakukan sebulan sekali, namun karena pertimbangan waktu aku yang mana agak susah mencari waktu yang kosong. Jadinya kapan waktuku terlihat agak longgar langsung telpon erha untuk make an appoint…