Langsung ke konten utama

#1 Resep: TAHWA

Tahu Tawa atau yang lebih akrab di telinga Arek Malang dikenal sebagai TAHWA..
sejenis puding tahu yang sangat lembut sekali dengan kuah jahe manis sebagai pendampingnya.
di Malang paling laris Tahwa Faiz, pusatnya di pinggir jalan Merbabu samping Hotel Merbabu.

Kenalnya semenjak kuliah S2 di Malang, tapi baru merasa kecanduan bulan Ramadhan tahun kemaren. Berhubung tempat tinggalku sekarang di dataran tinggi yang suhunya lebih rendah di daerah pusat kota, menu takjil yg jadi favorite bukan es campur, es jus maupun es teler, justru kolag pisang hangat, angsle dan Tahwa. aroma jahenya harum dan membangkitkan semangat kembali setelah seharian menahan lapar dan haus. tidak heran jika tahwa sering menjadi menu takjil. 
Bicara tentang Tahwa Faiz ingin sekali bilang suruh buka cabang di daerah DAU biar kalau  mau beli tidak harus jauh-jauh ke daerah ijen sana..kelamaan di jalan kuah jahenya pun mendingin, jadi harus dipanaskan kembali sesampainya di rumah. idealnya memang harus dinikmati di tempatnya sana. 

Capek harus beli ke merbabu terus, akhirnya punya keinginan membuat sendiri, googling sana-sini eh ketemu sama ibu ostrali yang pinter masak ini, nyontek resepnya beliau, beli bahan-bahannya dan jadi juga Tahwa pertamaku.

Taraaaaaa...

 

bikinnya gampang.

Bahan: 
400 ml susu kedelai tawar 
1 sdt teh garam (bisa di skip, saya tidak pakek garam)
1 sdt agar-agar bubuk warna putih

Kuah Jahe:
1 liter air
1 sdm gula pasir (bisa ditambah sesuai selera juga)
150 gram gula jawa, diiris tipis-tipis
50 gram jahe dikupas dan diiris tipis-tipis
1 lembar daun pandan dipotong-potong.

Cara membuat:
1. masak susu kedelai dan agar-agar hingga mendidih, lalu dinginkan
2. kuah jahe: rebus semua bahan hingga mendidih
3. penyajian: sendoki puding tahu tipis-tipis, letakkan di mangkok dan siram dengan kuah jahe, sajikan hangat.

untuk: 4 porsi.

Rasanya gimana??? wangi, lembut dan hangat di tenggorokan. bisa dinikmati dingin juga, kalo yang menyukai puding tahu sebagai penghilang dahaga. tapi aku pribadi lebih suka yang hangat.

tidak disangka aku bikin tahwa ini bukan hanya sekali, tapi sudah 3 kali. selain karena ketagihan, ternyata Aya sangat menyukai tahwa, dia bisa sehari
dua kali makan tahwa, pastinya tanpa kuah jahenya ya...
apalagi sekarang dia kumat ga mau makan. jadilah tahwa menu makannya dia..sempat stres juga mau dibuatin apa, ternyata tahwa jadi penyelamat ke galau_anku. 
besok bunda bikinin tahwa sayur ya dekkkk...bunda tambahin parutan wortel dan bayam..yummyyyy...^^


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Erha Clinic Office Peeling

Erha lagi, erha lagi...gag ada postingan lain apa?..*sigh* Aku pun juga berpikir begitu, bukan maksud untuk pamer,, ini lohh aku makin cantik berkat erha, ini lohh kulitku makin sehat berkat erha,, namun siapapun pasti setuju jika sesuatu hal yang baik tidak boleh disembunyikan, kita bisa membaginya dengan orang lain, siapa tau ada yang memang benar-benar membutuhkan informasi ini, kita pun akan mendapat pahala karena bisa membahagiakan orang lain itu. Setuju ga?,,, dan satu lagi, niat baik tidak boleh ditunda, karena kesempatan tidak bisa datang untuk kedua kalinya. Kalau bisa dilakukan sekarang, why not??...
Membantu teman juga perbuatan baik, dan jika dia senang kita pun bisa bangga diri.. Seperti aku yang bisa membanggakan kulit sehatku pada teman kantor. Mereka semua bilang wajahku makin sehat, bersih, segar, merona dan inclong,, ada yang iri tapi ada juga yang penasaran..nah yang penasaran ini setelah memendam sedemikian lama rasa penasarannya, akhirnya kapan hari nanya padaku pera…

Erha Clinic Malang: Meet The Dermatologist

Erha Clinic Facial Theraphy

Setiap orang mempunyai cara berbeda untuk menghilangkan stress, bisa berlibur ke luar kota untuk mencari sesuatu yang berbeda dari aktifitas sehari-hari, berbelanja, memancing, hiking, bahkan ada orang dengan menyulam atau menjahit stress nya bisa hilang. Tapi, kalau aku lebih suka relaksasi..karena di rumah tidak ada jacuzzy untuk berendam, untuk relaksasi aku ngacir ke Erha Clinic untuk melakukan facial theraphy..karena selain bikin wajah bersih dan inclong, pada saat facial ada step massage-nya nah ini tahapan  favorit aku, pijatan therapistnya erha mantapp banget, meskipun hanya hitungan menit tapi bikin otot wajah dan punggung lemass dan rileks. 
Perawatan facial ini gag rutin aku lakukan, hanya disaat kulit sudah mulai jenuh dan terlihat kusam baru aku ke erha, idealnya sih memang harus dilakukan sebulan sekali, namun karena pertimbangan waktu aku yang mana agak susah mencari waktu yang kosong. Jadinya kapan waktuku terlihat agak longgar langsung telpon erha untuk make an appoint…